Tugas 1
TUGAS 1 MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Definisi
Sistem
Sistem adalah suatu
kesatuan ,baik obyek nyata atau abstrak yang terdiri dari berbagai komponen
atau unsur yang saling berkaitan, saling tergantung, saling mendukung, dan secara
keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan untuk
mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.
Secara garis besar jenis sistem dapat dibedakan menjad dua
kategori, yaitu:
1. Berdasarkan Keterbukaan
Sistem terbuka, yaitu suatu sistem yang dapat dipengaruhi oleh pihak luar
karena adanya akses terbuka.
Sistem tertutup, yaitu suatu sistem yang tidak dipengaruhi oleh pihak luar
karena aksesnya tertutup.
2. Berdasarkan Komponen
Sistem fisik, yaitu suatu sistem yang memiliki komponen energi dan
materi.
Sistem non-fisik, yaitu suatu sistem yang bentuknya abstrak, misalnya berupa
ide, konsep, dan hal-hal lainnya.
Definisi
Data
Data
adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang
tidak bisa diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari
itu data wajib diolah terlebih
dahulu menjadi informasi untuk bisa di terima oleh penerima. Data bisa berupa
angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau pun tanda-tanda yang bisa
digunakan untuk dijadikan informasi.
Contoh Data :
Kecelakaan di jalan raya
Barcelona menang
Definisi
Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistemyang terdapat kumpulan informasi berdasarkan keterkaitan
terhadap operasional suatu organisasi atau instansi dan digunakan untuk
mengambil keputusan tertentu.
Contoh Sistem Informasi:
1. Knowledge Work System
Sesuai
namanya, Knowledge Work System ini termasuk jenis sistem
informasi yang memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuan
(knowledge). Ilmu pengetahuan yang dimuat
selanjutnya dapat diakses oleh semua penggunanya dan digunakan untuk memecahkan
berbagai macam masalah.
2. Transaction Processing System
Jenis
sistem informasi ini biasanya banyak dipakai pada organisasi atau instansi yang
melakukan kegiatan/ operasional tertentu secara rutin. Contoh operasional rutin
yang dimaksud adalah seperti
melakukan transaksi keuangan, registrasi ulang secara berkala dan lain – lain.
Semua kegiatan rutin biasanya dicatat dalam suatu database yang telah dikomputerisasi.
3. Office Automation System
Sistem informasi Office Automation System ini
bertugas untuk menggabungkan beberapa peralatan IT dalam
suatu jaringan dan dipusatkan pada suatu server tertentu. Penggabungan
peralatan IT dari para anggota atau pekerja dilakukan dengan tujuan untuk
mempermudah serta memberikan efisiensi dalam hal komunikasi.
Definisi Analisis Sistem
Analisis sistem adalah penjabaran dari suatu sistem informasi
yang utuh ke dalam berbagai bagian komponennya dengan maksud agar bisa
mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai macam masalah atau hambatan yang
timbul pada sistem sehingga nantinya bisa dilakukan penanggulangan, perbaikan
dan juga pengembangan.
Lalu orang yang atau kelompok yang melakukan perbaikan atau
perancangan suatu sistem dinamakan dengan sistem analis. Sistem
analis adalah orang atau kelompok yang melaksanakan pengembangan sistem. Sistem
analis menekuni permasalah ataupun kebutuhan pada
suatu sistem dan sistem analis juga merupakan orang yang bertanggung jawab atas
terjadinya proses analisa ataupun perancangan pada sistem informasi.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar