Tugas 1


TUGAS 1 MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Definisi Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan ,baik obyek nyata atau abstrak yang terdiri dari berbagai komponen atau unsur yang saling berkaitan, saling tergantung, saling mendukung, dan secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.
Secara garis besar jenis sistem dapat dibedakan menjad dua kategori, yaitu:
1. Berdasarkan Keterbukaan
Sistem terbuka, yaitu suatu sistem yang dapat dipengaruhi oleh pihak luar karena adanya akses terbuka.
Sistem tertutup, yaitu suatu sistem yang tidak dipengaruhi oleh pihak luar karena aksesnya tertutup.
2. Berdasarkan Komponen
Sistem fisik, yaitu suatu sistem yang memiliki komponen energi dan materi.
Sistem non-fisik, yaitu suatu sistem yang bentuknya abstrak, misalnya berupa ide, konsep, dan hal-hal lainnya.

Definisi Data
Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak bisa diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data wajib diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk bisa di terima oleh penerima. Data bisa berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau pun tanda-tanda yang  bisa digunakan untuk dijadikan informasi.
Contoh Data :
Kecelakaan di jalan raya
Barcelona menang





Definisi Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistemyang terdapat kumpulan informasi berdasarkan keterkaitan terhadap operasional suatu organisasi atau instansi dan digunakan untuk mengambil keputusan tertentu.
Contoh Sistem Informasi:
1. Knowledge Work System
Sesuai namanya, Knowledge Work System ini termasuk jenis sistem informasi yang memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuan (knowledge). Ilmu pengetahuan yang dimuat selanjutnya dapat diakses oleh semua penggunanya dan digunakan untuk memecahkan berbagai macam masalah.
2. Transaction Processing System
Jenis sistem informasi ini biasanya banyak dipakai pada organisasi atau instansi yang melakukan kegiatan/ operasional tertentu secara rutin. Contoh operasional rutin yang dimaksud adalah seperti melakukan transaksi keuangan, registrasi ulang secara berkala dan lain – lain. Semua kegiatan rutin biasanya dicatat dalam suatu database yang telah dikomputerisasi.
3. Office Automation System
Sistem informasi Office Automation System ini bertugas untuk menggabungkan beberapa peralatan IT dalam suatu jaringan dan dipusatkan pada suatu server tertentu. Penggabungan peralatan IT dari para anggota atau pekerja dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah serta memberikan efisiensi dalam hal komunikasi.

Definisi Analisis Sistem
Analisis sistem adalah penjabaran dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam berbagai bagian komponennya dengan maksud agar bisa mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai macam masalah atau hambatan yang timbul pada sistem sehingga nantinya bisa dilakukan penanggulangan, perbaikan dan juga pengembangan.
Lalu orang yang atau kelompok yang melakukan perbaikan atau perancangan suatu sistem dinamakan dengan sistem analis. Sistem analis adalah orang atau kelompok yang melaksanakan pengembangan sistem. Sistem analis menekuni permasalah ataupun kebutuhan pada suatu sistem dan sistem analis juga merupakan orang yang bertanggung jawab atas terjadinya proses analisa ataupun perancangan pada sistem informasi.


Sumber                                :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stop Crying Your Heart Out

Live Forever

Mardy Bum, Lagu cinta sederhana dengan keromantisan yang kaya