Stop Crying Your Heart Out

Makna dari lagu “Stop Crying Your Heart out” (Oasis)


Dari judulnya mungkin orang-orang akan berpikir tentang lagu yang mempunyai unsur motivasi. Yaa benar, lagu ini memang pas buat anda yang sedang dilanda sesuatu hal yang tidak menyenangkan. Sesuatu hal yang anda takuti selama ini bisa berupa musibah atau semacamnya. Seperti memudarnya sesuatu yang sudah lama anda pertahankan.

“Get up”
“Come on”
“Why you scared?”
“You’ll never change what’s been and gone”

Penggalan lirik di atas berusaha menegaskan agar anda tak perlu takut dan harus bangkit dalam menghadapi sesuatu. Semuanya sudah terjadi. Tak ada yang bisa diperbuat selain menghadapinya. Dan anda tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi. Semua sudah menjadi ketetapan Tuhan. Sebagai hambanya, kita hanya bisa menghadapi alur kehidupan yang telah dirangkai olehNya.

“Cause all of the stars”
“Have fading away”
“Just try not to worry”
“You’ll see them someday”

Ini adalah bagian reff dari lagu tersebut. Saya menyebutnya bagian vital lagu ini. Saya menganggap kata “stars” pada lirik tersebut adalah suatu kebahagiaan yang pernah kita rasakan. Suatu moment dimana semua yang anda lihat waktu itu masih baik-baik saja tanpa ada yang perlu dipikirkan. Semua masih terlihat indah sebagaimana mestinya. Tapi semua itu tidak berlangsung selamanya. Mungkin sekarang kebahagiaan itu memudar, tapi tak usah khawatir. Karena kebahagiaan itu akan datang lagi suatu saat nanti.


 
Liam Gallagher

Saya juga membaca pada lirik yang mungkin akan menegaskan bahwa band ini akan segara membubarkan diri. Entah mengapa saya yakin sekali dengan hal ini, sepertinya sudah terlihat jelas pada waktu itu mungkin kondisi band ini sudah tidak sekompak dulu.

“We’re all of the stars”
“We’re fading away”
“Just try not to worry”
“You’ll see us someday”
Pada bait terakhir lagu ini, terdengar Liam Gallagher dengan lantangnya menyerukan kalimat judul lagu ini.

“And Stop Crying your heart out”
“Stop Crying your heart out..”

Seperti mengatakan bahwa, berhentilah meratapi kehidupanmu tanpa bertindak sedikitpun untuk memperbaikinya. Berhentilah menangis, semua yang sudah terjadi tak dapat kamu ubah lagi.

Mungkin itulah kenyataanya. Oasis adalah band yang sempat mengubah arah musik dunia pada saat itu. Aransemen serta warna musik Oasis yang unik, menjadikan band ini terdengar mempunyai karakter sendiri. Alunan gitar dan nuansa piano yang sangat kental terdengar di lagu ini menambahkan nuansa harmonis tersendiri. Noel dan Liam Gallagher CS memang tak pernah kehabisan ide untuk membuat suatu musik yang harmonis.

Kesimpulan:
Oasis adalah salah satu band yang mampu membuat suatu karya yang berarti. “Stop Crying Your Heart Out” Hingga saat ini masih selalu menjadi salah satu track favorit saya di album “Heathen Chemistry”. Lagu ini bercerita tentang sikap yang harus kita lakukan jika kita menghadapi suatu keadaan sulit. Jangan hanya menangisi sesuatu yang sudah lewat terus menerus. Kita harus bisa bangkit dan menghadapi semua alur kenyataan dunia tanpa ada rasa takut. Waktu terus berjalan, hari-hari yang terlewati telah menjadi suatu sejarah yang telah terukir dan tidak akan bisa dihapus lagi.

“We’re all of the stars”
“We’re fading away”
“Just try not to worry”
“You’ll see us someday”

Itu adalah penggalan lirik favorit saya.
“stars” adalah kebahagiaan. Kebahagiaan yang saya maksud adalah Oasis itu sendiri. Dan mungkin kita akan melihat kebahagiaan itu lagi suatu saat nanti.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Live Forever

Mardy Bum, Lagu cinta sederhana dengan keromantisan yang kaya